ManiakMotor - Ruang bakar Kawasaki Ninja 250 ada dua silinder, disuplai karburator double barrel. Namu, dua karburator dijadikan satu bodi, jumlah perangkat didalam karbu macam spuyer,
skep, setelan angin pun di kali dua. Otomatis settingan keduanya harus sama, “Kecuali setingan anginnya, beda setengah putaran antara kiri-kanan,” ungkap Agus Budiman,juragan di Mawar Motor.
Setelan yang berbeda akibat dari panjang header atau leherknalpot yang tidak sama panjang. Sehingga, volume turbulensi gas buang, juga beda sirkulasinya. Leher kenalpot sebelum bergabung jadi satu, yang kiri lebih panjang. Kalau settingan angin di buat sama, terjadi dar-der-dor pada suara kenalpotnya.
Pemilik Ninja 250 bisa menyetting sendiri di rumah. Kalau kurang enak, serahkan saja ke bengkel resmi Kawasaki. Namun kalau berhasil kan sampeyan dapat ilmunya. Di bengkel resmi ada kalibrasi khusus mendeteksi sama rata vakumnya karbu. Bahkan mereka punya obeng khusus untuk menjangkau sekrup angin.
Tutup baut setelan angin dengan memutar searah jarum jam sampai mentok. Setelah itu putar balik (turn out), 3 putaran untuk sebelah kanan dan 2,5 putaran kiri, “Yang dimaksud 3 putaran artinya itu sekrup enam kali berputar. Kalau 2,5 berarti lima kali berputar. Sebab, yang dihitung ulirnya, bukan mata sekrupnya. Hitungannya seperti itu, tapi jika ada yang diubah atau diganti yang berhubungan dengan mesin,hitungan tadi bisa berubah,” ungkap Agus dari bengkelnya di bilangan Cinere, Depok, Jabar tersebut.
0 comments on setelan angin karbu ninja 250 :
Post a Comment