Sebelum dibahas lebih lanjut, sedikit mundur kebelakang. Motor ini diperkenalkan TDR International di ajang Jakarta Motorcycle Show (JMCS) tahun 2012 lalu. Rencananya motor ini akan dipasarkan untuk negara-negara di Asia Pasifik termasuk Indonesia.
Sebagai pertimbangan lokasi perakitan ada 3 pilihan negara, Thailand, Vietnam, atau Indonesia. "Tergantung pada kondisi pasar dan insentif yang berlaku di negara-negara Asia Tenggara," terang Teddy Hartono, Managing Director Mitra 2000, di JMCS beberapa bulan lalu.
Jadi, jauh sebelum motor ini benar-benar dijual masal, menjadi sangat beruntung karena bisa mencicipinya terlebih dahulu...!!!
Mulai mengamati dari tampilan khas motor sport naked, dengan setang lebar dan bagian headlamp yang menonjol serta buntut yang terlihat lebih simpel makin mempertegas tampilannya.
Pertama kali duduk di atas motor ini dengan postur rider 168 cm masih bisa menapakkan kaki ke aspal dengan baik. Setang cukup simpel diisi saklar lampu dan cuma ada satu handle di sebelah kanan, yaitu rem. Kiri kosong karena motor ini tidak pakai kopling, kan transmisinya hanya single speed.
Desain speedometer juga minimalis, tapi cukup memberikan informasi kecepatan, kapasitas baterai, dan temperatur. Tapi ada satu tombol deket speedometer yang bikin penasaran bertuliskan sport dan eco.
Kontak diputar ke posisi on, panel speedometer menyala dengan memberikan informasi kondisi motor, soal tombol deket spidometer mengarah ke tulisan eco. Agak janggal ketika mencari stater mesin. Oh iya kan ini motor listrik, jadi tidak ada staternya. Tinggal putar gas motor langsung jalan.
Yang agak janggal adalah sistem engine brake berbeda dengan motor bermesin konvensional. Ketika gas ditutup, engine brake kurang terasa. Rem harus ekstra pakem nih! Tapi teknologinya bagus, saat menutup habis putaran gas dan melakukan deselerasi, motor listrik berubah fungsi jadi generator untuk mengisi kembali ke baterai.
Suspensi Zero Motorcycle ini cukup enak dipakai melibas tiap tikungan sirkuit Sentul kecil, sistem pengereman juga berkerja baik. Secara keseluruhan, motor ini sangat menyenangkan untuk dikendarai. Oh iya untuk harga jualnya akan dibanderol sekitar Rp 200 jutaan.
Weew, mahal juga ya! (motorplus-online.com)
Spesifikasi:
Horsepower : 54 (40kW) dan torsi 92 Nm (68ft-lbs)
Top speed : 95 mph (153 km/h)
Weight : 125 kg
Cooling system : Air Cooled
Motor : High efficiency, double-stator axial flux permanent magnet, brushless motor with integrated forced air cooling
Transmission : Clutchless one speed
Final drive : 132T / 28T, Poly Chain GT Carbon belt
Range : up to 220 km
Charging : 1 hour
Rear Suspension : YSS
Front Suspension : up side down
Front tire : Comet 110/70-17
Rear Tire : Comet 130/70-17
MotorPLUS
1 comments:
MENDINGAN BELI MOBIL EEQ KAW
Post a Comment