Solusi Laptop Mati mendadak (Brick VGA)

Pengalaman punya laptop tua tiba tiba nge brick. Artinya disini yang saya maksud board chipset masih menyala tetapi sistem failture dan layar ne blank hitam secara tiba-tiba ditambah fan berputar sangan tinggi putarananya. kasus selanjutnya saya matikan secara paksa , kemudaian selang beberapa menit saya mencoba menghidupkan kembali, finaly ini yang terjadi




coba di restar ulang


restart ulang lagi


Nampak setelah saya hidupkan kembali laptopnya.
Layar belang dan error report hardware fialture. Walau saya bukan teknisi, tetapi perasaan saya langsung tertuju kepada VGA Cardnya yang rusak. kemudian saya browsing di youtube banyak perbaikan VGA Card Laptop dengan intilah Reball menggunakan tolls Hot Gun. nah dari situ logikanya saya dapat dari Hot Gun yang mereka pakai. Selanjutnya saya memberanikan diri untuk membongkarnya sendiri


Setelah terurai saya membakar Chip VGA Card laptop saya dengan korek gas biasa. Logokanya para teknisi mengunkan pemanasan dengan HotGun saya tiru memanaskan dengan korek gas untu VGA Card tersebut. Saya bakar secara lansung api mengenai Chip VGA Carnya kira-kira 5 sampai 10 menit dan dilakukan berulan dua kali, sampai ada cairan minyak yang mendidih antara Chip VGA dengan Chipset Board.



Tak diduga hasilnya tidak sia-sia, work gan Alhamdulilah  hee..., laptop berjalan kembali seperti semula.
untuk informasi saya pernah tanya biaya sekali reball di tempat service laptop sebesar Rp 500.000



makan dulu ah cape .. Hee



Just Sharing ,,, Share It.. Semoga Bermanfaat, Jika ada yang keliru dari postingan ini kalau kata Kaskuser mah CMIIW... Salam Super hhha

0 comments on Solusi Laptop Mati mendadak (Brick VGA) :

Post a Comment