Cara Membuat Lampu Emergency


Berbagi bagaimana cara membuat lampu emergency atau lampu darurat, misalnya ketika lampu PLN sedang padam. Rangkaian lampu ini hanya membutuhkan tegangan 12 V, dan mampu menghidupkan lampu TL 40 watt (20 watt 2x). Rangkaian ini bisa sebagai alternatif cara membuat lampu hemat energiatau jika ingin membuat sendiri lampu hemat energi menggunakan LED, lihat artikel saya sebelumnya "LAMPU HEMAT ENERGI".

Skema Rangkaian


Foto Rangkaian Jadi


Cara membuat lilitan :
Siapkan batang inti ferit (biasanya ada pada rangkaian radio tua bekas atau beli aja di toko elektronika, beli batang ferit dengan diameter 1 cm).

Buat 3 (tiga lilitan pada batang ferit tersebut) :


1. Lilitan pertama (primer) : 58 lilitan, diameter kawat 0,6 mm, delilitkan pada batang ferit agak renggang menempati 6 cm pada batang ferid.


2. Lilitan kedua : 13 lilitan, diameter kawat 0,3 mm, dililitkan pada batang ferit renggang memempati kurang dari 6 cm pada batang ferit.


3. Lilitan ketiga (sekunder) : 250 lilitan, diameter kawat 0,3 mm
catatan : antara lilitan satu dengan yang lainnya diberi sekat menggunakan kertas, termasuk juga antara batang ferit dengan lilitan pertama.

selamat mencoba. ada yang kurang jelas tanya lewat komentar

3 komentar on Cara Membuat Lampu Emergency :

Unknown mengatakan... on 12 Juli 2012 22.45

kalau saya beli rankauan-nya saja dimana dijual ya..., yang jelas sumber-nya saya ada 12v battery bekas aki motor, kalau lampu-nya yang biasa saja. Thanks

Unknown mengatakan... on 12 Juli 2012 22.46

kalau saya beli rankauan-nya saja dimana dijual ya..., yang jelas sumber-nya saya ada 12v battery bekas aki motor, kalau lampu-nya yang biasa saja. Thanks

budy pratama mengatakan... on 13 Maret 2014 00.32

yg disambungkan dari out trafo cuma sebelah aja ya gan,gak dua 2nya

Poskan Komentar