skip to main |
skip to sidebar
Biografi Enzo Ferrari
Enzo Ferrari (lahir 18 Februari 1898 – wafat 14 Agustus 1988
pada umur 90 tahun) merupakan seorang pendiri tim balap
Scuderia Ferrari dan kemudian menjadi bagian dari produk mobil
Ferrari. Dia dilahirkan di Modena, tetapi pada tahun 1916,
ayahnya meninggal dunia karena wabah flu. Ia membangun
perusahaannya dengan membuat beberapa mobil sport yang
menggunakan namanya dan diberi lambang kuda jingkrak.
Lambang kuda jingkrak itu terinspirasi dari sebuah lukisan yang
menghiasi badan sebuah pesawat tempur yang diterbangkan oleh
Francesco Baracca dalam Perang Dunia I. Awalnya Ferrari
menempatkan mesin di bagian depan mobil, seperti mobil-mobil
lainnya. Namun, sejak tahun 1961, mesin mobil-mobil Ferrari
ditempatkan di belakang.
Enzo Ferrari meninggal dunia pada tahun 1988 dan namanya
diabadikan sebagai salah satu merek mobil.
Lahir di Modena, Enzo Ferrari tumbuh dewasa dengan sedikit pendidikan formal namun ia memiliki
hasrat yang kuat untuk menjadi pembalap. Selama Perang Dunia I, ia bertugas di barisan depan
pasukan tentara Italia. Ayahnya, Alfredo, meninggal pada tahun 1916 karena terserang wabah flu yang
menyebar luas di Italia pada waktu itu. Ferrari pun juga terserang flu dan ia dibebaskan dari
pekerjaannya. Saat tiba di rumahnya, ia mengetahui bahwa keuangan keluarganya dalam keadaan
terancam. Ferrari mencoba mencari pekerjaan di Fiat (sebuah perusahaan mobil di Italia) namun gagal,
kemudian ia menemukan sebuah pekerjaan di perusahaan mobil yang lebih kecil bernama CMN,
mendesain truk bekas menjadi mobil yang lebih kecil. Ia juga menjadi pembalap pada tahun 1919 di
tim CMN, tetapi tidak begitu sukses.
Ia meninggalkan CMN pada tahun 1920 dan menjadi pembalap di tim Alfa Romeo (sebuah perusahaan
mobil di Italia), ia berhasil meraih sukses yang lebih dari sebelumnya. Pada tahun 1923, ia mengikuti
balap mobil di Ravenna dan mendapatkan penghargaan berupa badge The Prancing Horse (kuda
jingkrak) yang mendekorasi pesawat Francesco Barraca (seorang pemimpin pasukan Italia). Logo ini
menunggu selama 9 tahun sampai akhirnya dipakai menjadi lambang mobil balap. Pada tahun 1924,
Ferrari memenangkan Coppa Acerbo (sebuah ajang balap mobil) di Pescara, Italia. Ia mengalami
sukses di balap lokal dan mendorong Alfa untuk memberikan kesempatan mengikuti balap yang lebih
bergengsi. Ferrari tidak mengambil kesempatan itu dan tidak membalap sampai tahun 1927. Ia lanjut
bekerja secara langsung untuk alfa romeo sampai 1929 sebelum membuat scuderia ferari sebagai tim
balap untuk Alfa.
Ferrari mengatur kegiatan perusahaan Alfa cars dan membentuk tim yang terdiri lebih dari 40
pembalap, termasuk Giuseppe Campari dan Tazio Nuvolari. Ferrari sendiri melanjutkan balap mobil
sampai kelahiran anak pertamanya pada tahun 1932 (Alfredo Ferrari, dikenal juga sebagai Dino yang
meninggal tahun 1956).
Alfa Romeo berakhir pada 1933 ketika masalah finansial membuat alfa menarik diri. Oleh karena
campur tangan Pirelli, Ferrari tidak menerima mobil sama sekali. Karena kualitas pembalap Scuderia,
maka perusahaan tersebut mengalami beberapa kemenangan (1935 di german adalah pengecualian).
Merk auto union dan mercedeslah yang mendominasi area tersebut.
Pada tahun 1937 Alfa menerima kontrol usaha membalapnya sekali lagi, menyebabkan Ferrari menjadi
Direktur Olahraga di bawah teknik Alfa direktur. Ferrari segera pergi, tetapi karena kontrak
menyebabkan dirinya tidak bisa balapan atau mendesain selama empat tahun. Dia membentuk Auto-
Avio Costruzioni, perusahaan yang menyediakan bagian-bagian untuk tim membalap lain. Tetapi di
Mille Miglia 1940 perusahaan memproduksi dua mobil untuk bersaing, digerakkan oleh Alberto Ascari
dan Lotario Rangoni. Selama Perang Dunia II perusahaannya dilibatkan di produksi perang, berpindah
dari Modena kepada Maranello. Tidak sampai setelah Perang Dunia II yang diminta oleh Ferrari untuk
menahan reputasi orang fasis dan mobil buatannya yang memikul namanya, mendirikan Ferrari S.p.A.
hari ini pada 1947. Perlombaan pertama yang ber-roda terbuka di Turin pada 1948 dan kemenangan
pertama masuk nanti tahun di Lago di Garda. Ferrari mengambil bagian di Recipe 1 Kejuaraan Dunia
sejaknya.
Pada tahun 1960 an masalah kurangnya permintaan dan pembiayaan yang tidak cukup memaksa Ferrari
untuk membolehkan Fiat mengambil pancang di perusahaan. Ferrari sudah menawarkan Arungan
kesempatan untuk membelikan perusahaan pada 1963 selama US$18 juta tetapi, terlambat di
perundingan, Ferrari menarik kembali. Keputusan ini memicu keputusan Perusahaan Mesin Arungan
untuk meluncurkan program balapan kareta olahraga serius Eropa. Perusahaan menjadi saham bersama
dan Fiat mengambil saham kecil pada 1965 dan lalu pada 1969 mereka menambah memegang mereka
teguh 50% dari perusahaan. (Di 1988 tanah milik Fiat ditambah ke 90%).
Ferrari tetap menjadi direktur pelaksana sampai 1971. Walaupun mengundurkan diri, ia tetap
berpengaruh di perusahaan sampai kematiannya. Masukan Fiat memerlukan beberapa musim untuk
mempunyai pengaruh. Namun, setelah segala kesuksesan itu dan janji gelar jody sheckter di 1979,
harapan kejuaraan Formula One jatuh lesu. tahun 1982 dibuka dengan sebuah mobil kuat, 126c2,
pembalap kelas dunia, dan hasil yang memuaskan pada awal balapan
Tetapi, Gilles Villeneuve dibunuh di 126C2 pada Mei, dan kawan seregu Didier Pironi menyebabkan
karirnya diperpendek di akhir keras lebih akhir menghidupkan yang berkabut backstraight di
Hockenheim pada Agustus. Pironi menuntun kejuaraan pegemudi pada saat itu; dia akan kehilangan
timbal sewaktu dia menunggu perlombaan sisa selesai. Tim melihat kejuaraan lagi selama hidup
Ferrari.
Enzo Ferrari meninggal pada 14 Agustus, 1988 di Modena pada umur 90. Kematiannya tidak
dipublikasikan sampai dua hari kemudian oleh permintaan Enzo. Dia meninggal di awal kekuasaan
McLaren Honda kombinasi. Satu-satunya perlombaan yang McLaren tidak menang pada 1988 adalah
Grand Prix Itali. dipegang hanya minggu-minggu hasilnya 1-2 putus bagi Ferrari, hubungan dengan
Gerhard Berger yang memimpin di rumah Michele Alboreto. Setelah kematian Ferrari, tim Scuderia
Ferrari semakin sukses, khususnya dengan Michael Schumacher, Felipe Massa dan Kimi Räikkönen. Ia
menyaksikan balap mobil Ferrari F40 sesaat sebelum kematiannya. Pada 2003, sebuah mobil
diluncurkan dengan nama Enzo Ferrari. Membuat Cavaliere del Lavoro pada 1952, untuk menambah
kehormatannya Cavaliere dan Commendatore di 1920s, Ferrari juga mendapat sejumlah tingkat
kehormatan, Hammarskjöld Prize pada 1962, Columbus Prize pada 1965, dan De Gasperi Award pada
1987. Pada 1994, dia secara anumerta dilantik ke dalam International Motorsports Hall of Fame.
Setelah kematiannya anak lelaki Alfredo (Dino), Ferrari memakai kacamata hitam ikonis hampir setiap
hari untuk menghormati anak lelakinya.
0 comments on Enzo Ferrari :
Post a Comment